Dalam dunia medis ataupun hukum, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata “rehabilitasi“. Yaa, rehabilitasi kali ini akan dijelaskan secara global oleh Sebelumnya perlu diketahui bahwa rehabilitasi itu memiliki berbagai macam, diantaranya ada rehabilitasi lingkungan, pertanian, narkoba, medis, sosial, psikologi dan lain sebagainya.

Rehabilitasi berasal dari dua kata kata yaitu re dan habilitasi. Re berarti kembali dan habilitasi berarti kemampuan. Jadi rehabilitasi berarti mengembalikan kemampuan. Rehabilitasi itu sendiri sama artinya dengan pemulihan, penyembuhan, pembenahan, pembaharuan dan pemugaran kembali. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa pengertian rehabilitasi baik secara umum maupun menurut para ahli.

Rehabilitasi secara umum ialah suatu proses perbaikan ataupun penyembuhan dari kondisi yang tidak normal menjadi normal. Rehabilitasi sendiri berguna untuk mengembalikan kondisi semula dan juga untuk melatih manusia dalam melakukan suatu tindakan secara normal dengan kondisi fisik yang sudah tidak normal lagi.

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli

Rehabilitasi menurut KBBI ialah pemulihan kepada kedudukan (keadaan, nama baik) yang dahulu (semula); perbaikan anggota tubuh yang cacat dan sebagainya atas individu (misalnya pasien rumah sakit, korban bencana) supaya menjadi manusia yang berguna dan memiliki tempat dalam masyarakat.

Rehabilitasi menurut Wikipedia ialah sebuah kegiatan ataupun proses untuk membantu para penderita yang memiliki penyakit serius atau cacat yang membutuhkan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik secara psikologi maupun fisik dan sosial yang maksimal.

Rehabilitasi menurut Undang-Undang ialah pemulihan hak seseorang dalam kemampuan atau posisi semula yang diberikan oleh pengadilan. Menurut Pasal 1 ayat 22 KUHAP, rehabilitasi ialah hak seseorang untuk mendapatkan pemulihan haknya dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabatnya yang diberikan pada tingkat penyidikan, penuntutan atau peradilan karena ditangkap, ditahan, dituntut atau diadili tanpa alasan berdasarkan Undang-Undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam Undang-Undang ini.

Rehabilitasi menurut Departemen Sosial ialah suatu proses refungsionalisasi dan pengembangan untuk memungkinkan penderita cacat mampu melakukan fungsi-fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.

Rehabilitasi menurut Banja ialah suatu program holistik dan terpadu atas intervensi-intervensi medis, fisik, psiko-sosial dan vokasional yang memberdayakan seorang (individu penyandang cacat) untuk meraih pencapaian pribadi kebermaknaan sosial dan interaksi efektif yang fungsional dengan dunia.

Rehabilitasi menurut Soewito ialah segala upaya, baik dalam bidang kesehatan, kejiwaan, sosial, pendidikan, ekonomi, maupun bidang lainnya yang di koordinir menjadi continous process yang bertujuan untuk memulihkan tenaga penderita cacat baik jasmani maupun rohani, untuk menduduki kembali tempat di masyarakat sebagai anggota penuh yang swasembada, produktif dan berguna bagi masyarakat (rehabilitasi penderita cacat).

Rehabilitasi menurut Renwick & Friefeld ialah suatu kegiatan multidisipliner yang memfungsikan kembali aspek-aspek fisik, emosi, kognisi, dan sosial sepanjang kehidupan individu sehingga mampu melakukan mobilitas, komunikasi, aktivitas harian, pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan di waktu luang.

Baca juga :

Rehabilitasi menurut Waddell & Burton merupakan identifikasi dan pengatasan masalah terkait masalah kesehatan, pekerjaan, hambatan personal psikologis ataupun sosial.

Rehabilitasi menurut Dr. Rusk yang merupakan seorang dokter ahli rehabilitasi mengatakan bahwa pada dasarnya rehabilitasi adalah self rehabilitation yang artinya keberhasilan dari rehabilitasi itu tergantung dari motivasi sang penderita dalam mengembangkan potensinya seoptimal mungkin, karena para ahli hanya dapat memberikan petunjuk, bimbingan, kemudahan fasilitas dan mendorong penderita untuk keberhasilan program rehabilitasi yang sedang dijalaninya.

Menurut sumber lain, rehabilitasi merupakan suatu proses atau program yang sengaja dibuat dan disusun agar orang-orang cacat dapat mengembangkan potensinya se optimal mungkin sehingga dapat mencapai kepuasan secara pribadi.

Adapun sifat kegiatan yang dilakukan oleh para petugas rehabilitasi ialah berupa bantuan dan bimbingan kepada pasien yang direhabilitasi untuk berusaha mencoba melakukan dan memecahkan masalah-masalahnya sendiri.

Itulah beberapa pengertian rehabilitasi, semoga artikel mengenai 12 Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli Terlengkap ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih.

Artikel ini disalin dari http://www.sepengetahuan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here