Ancaman narkoba terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia begitu nyata. Presiden menegaskan, Indonesia sedang berada dalam kondisi darurat narkoba. Semua elemen bangsa tidak boleh santai menghadapi kondisi ini. Semua masyarakat harus menyiapkan amunisi untuk melawan kejahatan narkoba.

Hasil konferensi 172 negara di Wina beberapa waktu lalu memberikan gambaran yang mengerikan, di mana 800 narkoba jenis baru atau New Psychoactive Substance (NPS) telah menyerbu dunia. Terhitung 71 jenis di antaranya sudah masuk ke Indonesia.

Narkoba (narkotika dan obat-obatan berbahaya) biasanya juga disebut Napza (Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif).  Narkotika adalah Zat/obat yg berasal dari tanaman atau bukan tanaman (sintetis maupun semi sintetis) yang menyebabkan penurunan/perobahan kesadaran, hilangnya rasa dan juga rasa sakit serta dapat menimbulkan ketergantungan, dan Psikotropika Yaitu Zat/obat baik alamiah maupun sintetis (bukan narkotika), yang mempengaruhi syaraf pusat menyebabkan perobahan pada aktivitas mental dan perilaku. Sedangkan Zat adiktif yaitu Yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman (sentetis maupun semi sintetis) yang menyebabkan ketergantungan dan menurunkan susunan syaraf pusat.

Berbagai jenis Narkotika diantaranya yaitu Opioid (Opiad), Kokain, Kanabis / ganja / hemp / chasra / cimenk, heroin / putouw, metadon, morfin, barbiturat, dls. Sedangkan Psikotropika biasanya berjenis ; Sabu–sabu, sedatif/hipnotik, ekstasi, nipam, speed, demoral, angel dust, dll.

Selain itu Zat Adiktif lainnya yang berjenis antara lain; alkohol, nikotin, kafein, zat desainer (speed ball,pace pill, cristal, angel dustrocket fuel), disamping masih terdapat zat-zat sejenis lainnya yang sangat membahayakan, dan dapat menimbulkan kecanduan/ketergantungan. Dan saat ini jenis serta bentuk narkoba tersebut sudah sangat jauh berkembang dan berfariatif dengan berbagai kemasan yang sangat menarik dan menyesatkan.

Oleh sebab itu, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia, terkhusus kaum muda/mudi untuk memviralkan daerah-daerah rawan ancaman Narkoba disekitar kamu. Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengirimkan informasi yang berhasil kamu dapat melalui beberapa cara dibawah ini.

  1. Melalui email ke bangnarkotika@gmail.com
  2. Melalui forum website Infonarkoba.com

Baca juga :

Untuk cara yang pertama (menggunakan Email), format tulisan yang harus kamu ikuti adalah :

  1. Nama Lokasi / Daerah Rawan Narkoba (Wajib Dituliskan)
  2. Nama Pelapor (Tidak Harus Dituliskan)
  3. Status Peredaran (Ringan, Sedang, Parah)
  4. Nama Bandar Narkoba / Pengedar ( Bisa Inisial)
  5. Fhoto Lokasi

Untuk cara yang kedua, kamu terlebih dahulu harus mendaftar sebagai anggota Forum website Infonarkoba.com . Caranya adalah :

  1. Kunjungi situs Infonarkoba.com https://infonarkoba.com/mendaftar atau klik disini
  2. Kemudian isikan seluruh kolom kosong dengan benar
  3. Klik Tuntaskan Pendaftaran
  4. Buka Alamat email yang kamu masukkan sewaktu mendaftar
  5. Kirimkan pesan kamu melalui bagian pojok kiri atas di tulisan pesan, kemudian karang baru

Kami berharap, dengan turut andilnya kita memviralkan daerah – daerah rawan Narkoba disekitar kita, maka Pihak Kepolisian akan lebih mudah melacak mereka dan peredaran Narkoba dapat ditekan dan diminimalisir penyebarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here